Judhianto

Judhianto

39p

58 comments posted · 51 followers · following 0

311 weeks ago @ Nonton Dunia - Evolusi Oleh Manusia · 0 replies · +1 points

@Dizal: benar sekali. Secara tidak sadar kita menghadapi tekanan seleksi karir, sosial dan sebagainya. Kelak yg survive yang akan menentukan lebih lanjut perjalanan manusia secara umum.

312 weeks ago @ Nonton Dunia - Pesan Moral Aneh Kisah... · 0 replies · +1 points

@Ande: tak perlu jawaban dan tak perlu pertanyaan bila iman di atas nalar. Semua apa yg dinyatakan agama pasti benar, jika absurd kita salahkan saja otak kita yg berpikir.
Saya tidak setuju, bagi saya fakta dan nalar kita gunakan untuk menguji validitas klaim2 yg berbasis iman.
Terina kasih atas komennya,

312 weeks ago @ Nonton Dunia - Altruisme Dan Agama · 0 replies · +1 points

@Edi Susanto: di setiap kelompok selalu ada yang mulia dan bajingan. Kelompok religius dan atheis sama juga.
Tapi di kelompok religius mau tidak mau timbul prasangka: dia baik karena memang baik atau karena ingin sesuatu dari Tuhannya?

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Tuhan Dan Evolusinya · 0 replies · +1 points

@Edy: wa 'alaikum salaam... tanyain: kapan mampir?

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Tuhan Dan Evolusinya · 0 replies · +1 points

@Adif: benar sekali kita butuh teologi baru yang tetap bisa sejalan dengan kemajuan peradaban manusia. Sayangnya para pemuka agama banyak yang mengambil sikap defensif dan memusuhi upaya mencari tafsir baru agama.

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Atheis? Itu Melawan Fi... · 0 replies · +1 points

@armhando: terima kasih atas semangatnya.
Apa susahnya bilang Alhamdulillah untuk orang atheis? lha wong preman-preman berjubah juga teriakkan nama suci Tuhan saat berbuat anarki menghajar yg tak sepaham?
Ada data yang salah di tulisan saya? saya akan senang untuk membahas bersama.
Dari tulisan blog anda bisa tahu saya? Saya salut.
Saya tidak bisa tergesa-gesa menilai anda dari koleksi tulisan di blog anda.

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Tuhan Dan Evolusinya · 0 replies · +1 points

@Dizal: he he.. benar juga. Saya dulu juga punya teman yg selalu gantung atribut berbau TNI di kaca depan mobilnya berdampingan dgn tasbeh. Kombinasi jimat yang sangat efektif menolak bala dari preman jalanan dan preman berjubah...

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Cegah Zina, Peliharala... · 0 replies · +1 points

@Erwin: Hidup itu sekali, anda bisa memilih jadi rajawali atau bebek.
Jadi bebek akan aman jika anda selalu bersama kelompok dan menyesuaikan langkah anda dgn kelompok.
Saya pilih jadi rajawali sang penjelajah cakrawala. Pikiran saya tak terikat komunitas apapun, bila ada yg sama atau beda, tak penting bagi saya.
Terima kasih komennya.

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Zombie, Apakah Nyata? · 0 replies · +1 points

@I2-Harmony: waduuh.. baru tahu kalau yg di Senayan itu zombie, Semoga tahun 2014 diganti manusia. :D
Masuk log? komen mungkin? kalo itu saya pake http://intensedebate.com/
Terima kasih komennya...

313 weeks ago @ Nonton Dunia - Cegah Zina, Peliharala... · 0 replies · +1 points

@Erwin: terima kasih untuk memberikan link yg membahas perbudakan dalam Islam.
Saya membacanya, sayang informasi yg ada dalam site tersebut lebih bersifat klaim-klaim yang tak dapat dibuktikan. Beberapa klaim yg saya soroti:

1. Padahal para budak wanita itu bukan sekedar wanita murahan atau rendahan, bahkan dianggap sebagai separuh binatang. Anda bisa bayangkan, mana ada orang di masa itu mau menyetubuhi makhluk setengah manusia dan setengah binatang. Pastilah mereka lebih memilih untuk menikah dengan para wanita mulia, ketimbang menggauli budak. Kalau sampai ada yang menyetubuhinya, mereka pun merasa kurang terhormat.
==> astaga bagaimana bisa ada anggapan semacam ini. Pada masa itu menggauli budak adalah hal yg wajar dan tidak dipandang sebagai hal yang hina. Dalam kitab tarikh nabi, Nabi semasa hidupnya tercatat pernah memiliki 42 orang budak perempuan. Yang pernah digauli nabi adalah Maria al-Qabtiyya yang (Kristen Koptik) dan Raihanah (Yahudi), dari Maria nabi memiliki putra bernama Ibrahim yang meninggal sewaktu masih kecil. Umat Islam saat itu tidak melihat nabi dengan tidak hormat karena beliau menggauli budaknya, itu hal yg wajar menurut ukuran saat itu.

2. Dengan cara yang sistematis dan proses yang alami, perbudakan hilang dari dunia Islam jauh beberapa ratus tahun sebelum orang barat meninggalkan perbudakan.
--> American Civil War yang salah satu hasilnya menghapus perbudakan di AS terjadi di tahun 1861–1865. Sedangkan perbudakan masih ada dalam khilafah Ottoman yang berakhir 1924. Pada saat tentara Kemal Attaturk menguasai Istana Topkati, masih terdapat banyak wanita harem yang kebingungan dengan status manusia bebas yg tiba-tiba mereka miliki setelah kesultanan dibubarkan.

3. Dengan sudah berakhirnya era perbudakan manusia oleh sebab turunnya agama Islam, maka otomatis urusan kebolehan menyetubuhi budak pun tidak perlu dibicarakan lagi. Sebab perbudakannya sendiri sudah dileyapkan oleh syariah.
==> Kapan syariah menghapuskan perbudakan? bukankah tidak pernah ada statemen yg menyatakan bahwa ayat-2 perbudakan sudah dibatalkan atau dicoret dari Qur'an? Justru dgn adanya ayat-2 perbudakan, Qur'an telah melestarikan sistem perbudakan. Karena bagi banyak umat Islam, setiap hukum yg tertulis di Qur'an adalah abadi.